Minggu, 22 Juni 2014

Akulturasi Budaya Cirebon dan Priangan


Event Festival Seni Tari, Musik dan Teater
 
Tari Doger Pesisir
Sabtu, 21 Juni 2014 14:28 WIB - CIREBON,(GM).-PENAMPILAN tim kesenian Kabupaten Cirebon yang menampilkan tarian "Doger Pesisir" menjadi pembeda pada pasanggiri Seni Tari, Musik dan Teather di wayah Cirebon, Sabtu (21/6/14). Gerakan tarian hasil kolaborasi tarian khas pantura dengan jaipongan menjadikan tarian ini enak ditonton.

Bukan hanya itu dari sisi gamelan pun, akuluturasi dua budaya ini begitu kental. Nuansa Cirebonan sangat terasa dri suling dan gamelan salendro. Sementara nuansa Priangan terdemgar dari tepakan-tepakan kendang yang gahar dan dinamis. Dengan akulturasi dua budaya ini semakin memperjelas kekayaan seni budaya tradisional Jawa Barat.

Lima penari perempuan itu, bergerak lincah penuh energik. Terlebih saat mereka mengenakan topeng atau kedok dengan berbagai macam karakter. Tarian ini menggambarkan kehidupan masyarakat pantai utara (pantura) yang membutuhkan hiburan-hiburan disaat melepas lelah sepulang melaut. Bentuk topeng yang dipakai para penari mewarnai intensitas gerak tari erotis, gahar, lincah, lucu dan menghibur. Suasana seperti itulah yang dibutuhkan para nelayan dan masyarakat pesisir untuk menghilangkan kejenuhan. Mereka membutuhkan hiburan, karena hampir sepanjang tahun tidak ada hiburan.


Beda lagi dengan tim kesenian Kota Cirebon, yang menampilkan seni tari Murtasia. Sebuah tarian yang menggambarkan kesetiaan dan pengabdian tanpa batas dan kendali demi kebahagiaan. Murtasia rela mengorbankan dirinya, mesti itu dengan jalan salah.

Kolaborasi gerakan tari antara Priangan dan Cirebon jelas terlihat, namun semua itu tidak menjadikan tarian itu hambar. Pengenaan kacamata hitam oleh para penari, merupakan bagian tak terpisahkan dari seni kota Cirebon. Biasanya, penggunaan kacamata hitam sering dilakukan pada seni sintren, terutama oleh si penari.
Sebelumnya tampil pula tari Darma Ayu dari Kab. Indramayu yang menggambarkan keberanian Nyi Mas Endang Darma melawan kesewenangan. Sehingga beliau menjadi panutan dan inspirasi masyarakat Indramayu.

Tari Ronggeng Ujungan dari Kabupaten Majalengka, dan tari Sang Adipati dari Kab. Kuningan. Ketokohan Adipati yang merupakan putra Syeh Syarif Hidayatullah dan Putri Ong Tien sengaja diangkat dalam herak tari rudat, silat dan tari rakyat.

Selain seni tari, ditampilkan seni musik atau karawitan dari setiap daerah sewilayah III Cirebon yang berlatar belakang seni rakyat setempat. Tak heran jika seni karawitan ini lebih dinamis, karena hampir semua alat musik tradisional maupun modern setempat ditampilkan sehingga memunculkan seni karawitan kekinian.

Hampir sebagian besar para nayaga yang tampil dari masing-masing daerah masih berusia muda. Sehingga musik yang dihasilkan pun lebih energik tanpa menghilangkan nuansa daerahnya masing-masing. Namun sayang, festival seni, tari, musik dan teater ini digelar di balroom sebuah hotel ternama di Kota Cirebon, sehingga kurang mendapoat apresiasi dari masyarakat setempat. Masyarakat enggan untuk masuk menyaksikan festival yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar ini. Ruang pertunjukan hanya dipenuhi oleh komunitas seni dari masing-masing peserta untuk saling dukung.


Padahal di wilayah III Cirebon ini, banyak ruang publik dan terbuka yang bisa digunakan festival seperti ini. Disini perlunya koordinasi antara dinas terkait di tingkat provinsi dengan tingkat kabupaten kota.

Terlepas itu semua, peserta yang terbaik di wilayah Cirebon ini akan ditandingkan dengan pemenang dari wilayah lain pada puncak de syukron hari jadi ke-69 Pemprov Jabar di pelataran halaman Gedung Sate Bandung, 19 Agustus mendatang.

Menurut Kepala Bidang Kesenian, Dinas Paariwisata dan Kebudayaan Jabar, Sajidin Aries, dari festival ini muncul inovasi dan kreasi seni tari, musik dan teater dari masing-masing daerah. Tidak hanya itu, banyak bermunculan pula para kerator, inovator, dan koreografer muda.

"Ini yang kami harapkan, sehingga ke depan dinamika seni budaya Jabar semakin berkembang," katanya. 
(kur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar