Selasa, 29 Desember 2015

"GHATOTKACA PERLAYA" Oleh : Ki Slamet 42



Seni Budaya Nusantara
Selasa, 29 Desember 2015 - 21:33 WIB

Wayang Kulit Ghatotkaca
KAKAWIN BHARATA-YUDHA PUPUH XIX  1 – 6
Transkripsi
Terjemahan Bebas
1
Ngkân tênghâ sang Awangga nâtha lukihat ring megha moghâruhur. Ddêh byaktân si Ghattotkaҫaceki lingireng cittan kapûhan marês.  Sis tambisku kacidra demu ya nimittangku n wulat ring langit.  Ling sang Karnna têhêr makon tumeddunâmûkâprangeng bhûtala.
1
Pada waktu itu Karna, raja Awangga, melihat ke atas dan terlihat olehnya sekonyong-konyong suatu kelompok mega di atas, “ah, ini tentunya si Ghatotkaca!”.  Demikianlah katanya kepada diri sendiri ; hatinya telah ketakutan dan merasa ngeri.  Ah, hampir-hampir saja saya binasa karena kelicikanmu ; maka dari sebab itu saya terus menerus melihat ke arah langit”.  Demikia kata sang Karna ; dengan lekas ia minta kepada Ghatotkaca untuk turun dan mengadakan pertempuran di atas tanah.
2
Ndâ tan dwa n paҫarira sakshanna wibhuh tekang Hiddimbyâtmaja.
Munggwing madhyaning ambrâwugah agûng Iwir antakânginnddarat.
Têkwan matta masinghanâda hibêkan tang bhûr bhuwah swah pêpêt.
Sâkshât Rudra mamûrtti kâla maharêp ri syûhaning rât kabeh.
2
Maka Ghatotkaca, putra Hidimbi, dalam sekejap mata menjelma menjadi raksasa  di angkasa ; ia menjadi demikian besar yang menyerupai Dewa Kematian.  Dewa Rudra dalam bentuk Kala. Ia Seperti orang yang gelap mata mengaum seperti singa yang aumannya menggetarkan langit dan bumi seisinya.
3
Ndah yekân pinanah têkap Rawisuteng brahmâstra muntab murub.
Bhasmibhûta gêsêng rikung khsanna mijil mangkin manengkö langit.
Ping pât rehya makin triwikrama katon tan candrahâsojwah.
Kroddkrâk umasö harêp manugêle tênggêk sang  Anggâdhipa.
3
Ketika itu ia telah ditembaki oleh Karna sampai empat kali dengan panah yang berbentuk Brahma yang menyala-nyala. Tubuh Ghatotkaca mulai nampak terlihat oleh Karna maka Ghatotkaca pun kembali membesarkan tubuhnya, memperlihatkan Candrasa-nya yang menyala-nyala.  Dengan amarah dan suara yang keras bergemuruh Ghatotkaca maju untuk mematahkan leher Raja Awangga Karna.  
4
Kepwan sang nrêpa Karnna deni laruting sarwwâstra tan pamyati.
Hâh wishttyâku pêjah têkapmu linireng twas mâttresâres mulat.
Nâhan marmmaniran panâmbut irikang kontâ sêddêng bhâswara.
Yeki Pânnddawangҫa lingnira têhêr mangduk Hiddimbyâtmaja.

4
Karna semakin merasa kesulitan, karena segala macam panah telah ia tembakkan ke tubuh Ghatotkaca,  tapi tak ada yang bisa melukainya apalagi membunuhnya.  Ada perasaan ngeri dan takut terhadap Ghatotkaca yang semakin mengamuk tak dan tak ada satupun yang bisa mengendalikannya.  Maka dengan terpaksa Karna mengeluarkan senjata pamungkasnya berupa lembing sakti bernama Konta.  “Terimalah ini wahai keturunan Pandawa!” Maka melesatlah lembing sakti Konta dari tangan Karna mengarah tepat ke dada Ghatotkaca, putra Bima dari Hidimbi. 
5
Tan dwâ trus ddadda sang Ghâttotkaca wawang mǔrcchâmangö sakshanna.
Ndah tan jrih mabangun sawega tumêddun mungsir sang  Anggâdhipa.
Singgih Bhimasutânggakâra mahârep mâtyâ mangungsi kiwul.
Nkân lumpat Rawiputra lês curiannâmbonglot matinggal ratha.
5
Lembing Konta tepat mengenai dada Ghatokaca.  Meskipun demikian Ghatotkaca tidak segera tewas Cuma membuatnya pingsan beberapa saat.  Setelah siuman dari pingsannya, ia segera turun dari angkasa mencari Karna.  Sungguh Ghatotkaca bertanggung jawab dengan tugas yang diberikannya untuk bertempur melawan Raja Angga Karna.  Sementara Karna yang melihat Ghatotkaca  semakin murka seperti banteng ketaton, meskipun sudah terluka parah tetapi tandangnya masih mengerikan, membuatnya ketakutan.  Maka ia cepat melompat dari kereta perangnya lalu melarikan dir menghilang meninggalkan keretanya di medan pertempuran.  Suatu perbuatan yang curang menurut aturan perang.
6
Ngkâ ta dyah tumêddun mati rathani sang Karnnâkiwul sarathi.
Yekân garjjita Korweҫwara lawan yodhâ saduyyodhana.
Tan mangkâng para yodha Panddawa tiddêm kapwâlârâҫânangis. Tan waktan wara Bhima Dharmmatanayâdan mangswa mâtyâmuka.
6
Pada waktu itu Ghatotkaca yang sudah mendekati ajal karena luka di dadanya yang begitu parah, menjatuhkan tubuhnya yang besar  ke arah kereta perang Karna yang sudah meninggalkan keretanya.  Kereta perang Karna hancur berantakan bersamaan dengan tewasnya sais kereta perang Karna.  Demi melihat Ghatotkaca putra Bhima telah gugur di medan laga, maka raja Kurupati bersama seluruh pasukan Kurawa teramatlah senang hatinya.  Sementara di pihak Pandawa dan seluruh pasukannya merasa sedih dan menangis .  yudhistira putra Dewa Dharma dan Bhima kembali bersiap-siap untuk kembali mengadakan serangan balasan, tak pedulikan nyawa mereka akan gugur dalam serangan itu.


Pustaka :
Prof. Dr. R.M. Sutjipto Wirjosuparto
Kakawin Bharata-Yuddha, Bhratara – Jakarta 1968

Bumi Pangarakan, Bogor
Selasa, 29 Desember 2015 – 18:18 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar