Sabtu, 03 Juni 2017

Makam Istri Prabu Siliwangi di Kebun Raya Bogor

Seni Budaya Nusantara
Minggu, 04 Juni 2017 - 09:41 WIB

Makam Istri Prabu Siliwangi

Ada Makam Istri Prabu Siliwangi di Kebun Raya Bogor?

Selasa, 28 Juli 2015 | 18:11
Hallobogor.com, Bogor Tengah – Setiap orang pasti pernah dengar atau mungkin pernah berkunjung ke Kebun Raya Bogor, yang merupakan salah satu tempat pariwisata kebanggaan orang Bogor.

Tetapi, mungkin hanya sebagian orang saja yang tahu bawa di dalam area Kebun Raya Bogor, tepatnya di seberang jembatan gantung salah satu icon Kebun Raya, terdapat 3 makam yang di kramatkan.

Berada di dalam kompleks pemakaman kecil seluas sekitar 200 meter persegi yang dilindungi pagar besi tak jauh dari Jembatan Merah Gantung di KRB, makam-makam itu diyakini sebagai makam Ratu Galuh Mangku Alam (istri Prabu Siliwangi, Raja Pajajaran), makam Mbah Baul, Patih Kerajaan Pajajaran, serta makam Mbah Japra (pendiri Kampung Paledang).

Juru kunci makam keramat ini adalah Abdurrahman yang merupakan keturunan kedua dari juru kunci makam keramat. Sebelumnya yang menjadi juru kunci makam adalah H Rahmat, ayah dari Abdurrahman. Sedangkan yang menjadi perawat makam keramat saat ini dipegang Atmawijaya dan Ugan, yang masih ada hubungan saudara juru kunci.

Juru kunci menjelaskan, ketiga makam ini merupakan bukti sejarah adanya kekuasaan Kerajaan Padjajaran di Kota Bogor. “Makam keramat ini sering didatangi oleh pengunjung. Tujuan dari mereka pun bermacam–macam,” ungkap Abdurahman seperti yang dikutip oleh halloapakabar.com.
 
Kompleks makam terletak di dasar sebuah tebing, di bagian belakang kompleks Istana Bogor. Dua batang pohon setinggi puluhan meter dari jenis Ferminalia lellirica dan Ficus magnoliaefolia blume bahkan tampak tumbuh di baik pagar, di dalam kompleks makam.
Dulu, saat malam, komplek Makam Ratu Galuh selalu dihindari satpam Kebun Raya. Bukan karena jauh atau gelap, tetapi nuansa berbeda dirasakan ketika melangkahkan kaki menuju makam yang berada dekat dengan Jembatan Merah ini.

Pernah juga ada seorang peziarah yang datang tengah malam untuk berdoa di makam istri Prabu Siliwangi ini. Tapi niat itu harus diurungkan, karena ada dua hewan putih dengan loreng hitam menjaga jalan menuju makam. Katanya harimau putih punyanya Prabu Siliwangi.

Bukan hanya itu, pernah ada satpam dikejar kelelawar raksasa di area komplek makam tersebut. “Sayapnya kalau dilebarkan bisa sampai enam meter, selebar jalan lebih. Gedenya aja hampir sama kaya orang.

Kini sudah tidak ada lagi penampakkan dari Ratu Galuh di komplek makam. Pasalnya, Orang sekarang udah gak suci lagi niatnya kalau mau ke makam. Dulu katanya Ratu Galuh sering nampak menggunakan pakaian kebaya, layaknya seorang ratu.

Selain itu, tidak ada lagi peziarah yang datang malam hari, karena sejak Presiden Jokowi sering menginap di Istana Bogor, Kebun Raya Bogor dan terutama tempat-tempat tersebut menjadi terutup di malam hari.

Alamat Kebun Raya Bogor : Jalan Otto Iskandardinata No 13, Bogor, Jawa Barat. Telpon (0251) 32 2226. (Laporan : Brata, Bogor) 

1 komentar: