Kamis, 30 April 2020

"KEISTIMEWAAN MUSIK DANGDUT 2" By Ki Slamet 42

Blog Ki Slamet 42: Seni Budaya Nusantara
Jumat, 01 Mei 2020 - 07.10 WIB

Image "Rhoma & Elvie S / Rhoma & Rita S ( Foto: Google )
Rhoma & Elvie S - Rhoma & Rita S

KEISTIMEWAAN MUSIK DANGDUT 2”
By Ki Slamet 42

Kini dangdut telah menjadi dirinya sendiri di kancah permusikan Indonesia. Lihat saja tayangan musik dangdut di stasiun televisi baik milik pemerintah atau milik swasta. Bahkan, salah satu stasiun TV swasta Indosiar misalnya, dangdut menjadi salah satu menu acara andalannya. Dari sini bermunculan musisi-musisi dandut yang handal dan penyanyi-penyanyi baru yang teknik vokalnya begitu memukau ditambah dengan kostumnya yang tidak lagi nampak nora dan kampungan.

Justru disinilah keistimewaan musik dangdut yang membuat penggemarnya semakin banyak. Meskipun demikian tak bisa dipungkiri, sosok sang maetro Rhoma Irama dengan group Sonetanya dan si ratu dangdut Elvie Sukaesih, Rita Sugiarto, Mansyur S, Muchsin Alatas, Meggy Z, Hamdan ATT adalah sosok tokoh yang menjadi kiblat dalam teknik vokal musik dangdut.

Ya, perkembangan musik dangdut memang begitu amat pesat diawali dengan munculnya penyanyi yang cukup berhasil di blantika musik dangdut seperti, Itje Trisnawati dengan lagu “Duh Engkang”, Yusnia dengan “Gubuk Derita”, Iis Dahlia, Evie Tamala, dan masih banyak lagi. Keberhasilan penyanyi-penyanyi tersebut tak lepas dari ramuan musisi dan pencipta lagu dangdut terkenal seperti Mochtar B dan Eddy Lestahulu yang karya-karyanya bisalah disamakan dengan “Mashabi”.

~KSP 42~
Jumat, 01 Mei 2020 – 07.06 WIB
Kp. Pangarakan, Lido - Bogor


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar