Rabu, 16 Oktober 2019

"CERITA MARA KARMA" Diceritakan oleh Atika Sya'rani

Blog Ki Slamet 42: Seni Budaya Nusantara
Kamis, 17 Oktober 2019 - 03.02 WIB


"MARA KARMA"

PRAKATA

Cerita “Mara Karma” disadur dari Hikayat Si Miskin yang diceritakan oleh Drs. Aluidin Mahyudin melalui Proyek Penerbitan Buku Sastra Indonesia dan Sastra Indonesia dan Daerah, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan tahun 1981.
Cerita ini termasuk dalam cerita sastra lama masyarakat Melayu. Gaya bahasanya masih terasa gaya bahasa Melayu. Tokoh-tokohnya banyak dipengaruhi oleh nama raja dan dewa yang hidup di dalam khayal. Si Miskin merupakan tokoh yang menghubungkan alam nyata dengan alam khayal.
Hikayat Si Miskin yang selalu hidup melarat. Pada suatu saat. ia mengalami perubahan hidup. Ia menjadi seorang raja.
Mara Karma yang menjadi tokoh dalam cerita ini ialah anak dari Si Miskin yang akhirnya menjadi raja.
Teladan yang dapat diambil dari cerita ini ialah mengenai hidup sabar dan tawakal. Dengan sabar, takwa dan tawakal  seseorang akan hidup bahagia.  

 

KATA PENGANTAR

Pelestarian sastra daerah perlu dilakukan karena di dalam sastra daerah terkandung warisan budaya nenek moyang bangsa Indonesia yang sangat tinggi nilainya. Upaya pelestarian itu bukan hanya memperluas wawasan kita terhadap sastra dan budaya masyarakat daerah yang bersangkutan, melainkan juga akan memperkaya khasanah sastra dan budaya Indonesia. Dengan demikian, upaya yang dilakukan itu dapat dipandang sebagai dialog antarbudaya dan antardaerah yang memungkinkan sastra daerah berfungsi sebagai salah satu alat bantu dalam usaha mewujudkan manusia yang berwawasan keindonesiaan.
Sehubungan itu, sangat tepat kiranya usaha Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Bagian Proyek Pembinaan Buku Sastra Indonesia dan Daerah – Jakarta menerbitkan buku sastraanak-anak yang bersumber pada sastra daerah. Cerita yang dapat membangkitkan kreativitas atau yang mengandung nilai-nilai luhur tentang semangat kepahlawanan perlu dibaca dan diketahui secara meluas oleh anak-anak agar mereka dapat menjadikannya sebagai sesuatu yang perlu diteladani.
Buku Mara Karma ini bersumber pada terbitan Proyek Penerbitan Buku Sanstra Indonesia dan Daerah Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Tahun 1981 dengan judul Hikayat Si Miskin yang disusun oleh Drs. Aliudin Mahyudin dalam bahasa Melayu dan dialihaksarakan oleh Drs. Aliudin Mahyudin.
Kepada Dra. Atika Sya’rani (Pemimpin Bagian Pryek), Drs. Muhammad Jaruki (Sekretaris Bagian Proyek), Ciptodigiyarto (Bendahara Bagian Proyek), serta Sujatmo, Sunarto Rudy, Budiono, Suyitno, dan Ahmad Lesteluhu (Sub Bagian Proyek), saya ucapkan terima kasih atas usaha dan jerih payah mereka dalam menyiapkan naskah buku ini. ucapan terima kasih saya tujukan juga kepada Drs. M. Djasmin Nasution sebagai penyunting dan Sdr. Andriansyah sebagai ilustrator buku ini.
Mudah-mudahan buku ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para pembaca.


                                                                           Jakarta, Januari 1997
                                                                           Kepala Pusat Pengembangan Bahasa

                                                                          
                                                                           Dr. Hasan Alwi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar